Rabu, 23 Oktober 2013

Browse Manual » Wiring » » » » » » MENGENAL KARAKTER DAN KINERJA BAN

MENGENAL KARAKTER DAN KINERJA BAN

MENGENAL KARAKTER DAN KINERJA BAN
MENGENAL KARAKTER DAN KINERJA BAN

Jangan anggap remeh komponen yang satu ini, Komponen vital yang dimaksud adalah ban. Tugasnya sangat berat. Bayangkan, ia meladeni tenaga mesin mendorong mobil dengan kecepatan mobil yang bervariasi sambil memikul beban di atas 1 ton. Belum lagi menghadapi medan jalan yang bermacam-macam serta cuaca yang berubah-ubah, juga prilaku pengemudi yang kasar. di tambah beban yang kadang berlebih.
jika tidak diperhatikan, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kecelakaan. misalkan, mengisi angin berlebihan, sehingga ketika panas tekanannya naik melebihi ukuran standarnya. Akibatnya, meledak.
Banyak lagi faktor penyebab ban meledak. Atau mobil tidak mendapat daya cengkeram yang baik. Inilah biang-biang pemicu ban cepat rusak atau kestabilan dan kenyamanan mobil kurang.
- Jangan memakai merek yang berbeda pada keempat roda.  karena, dari segi desain berbeda. Jelas mempengarungi daya cengkeram.
- Upayakan memakai ban dengan jenis dan konstruksi  serta ukuran yang sama agar usia pemakaiannya imbang. 
- Ban berspesifikasi tubeless jangan dikasih ban dalam. Risikonya, saat melesat kecepatan tinggi temperatur akan cepat naik. Sebaliknya, bila spesifikasi mengharuskan pakai ban dalam, ukuran harus sesuai. jangan kurang/lebih, resikonya ban dalam terlipat atau terjepit dan bisa meledak.
- Periksa angin secara berkala. Bila kurang, penambahan dilakukan. isi sesuai spesifikasi yang tertera di ban, dingin atau keadaan panas.
- Pemakaian ban berbeda juga bisa mengakibatkan memperpendek umur diferential gear/gardan dikarenakan daya cengkram ban berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar